Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Cek Data kita Di Dapodik Agar Bisa Ikut PPPK 2022

Cara Cek Data kita Di Dapodik Agar Bisa Ikut PPPK 2022
Bagi guru yang ingin mengikuti PPPK gruru tahap 3 tahun 2022, terdapat hal yang perlu diketahui mengenai pembuatan akun SSCASN.

Pasalnya pada PPPK gruru tahap 3 tahun 2022, terdapat guru yang harus membuat akun SSCASN dan guru yang tidak perlu membuatnya.

Untuk aturan PPPK gruru tahap 3 tahun 2022, mengenai pembuatan akun SSCASN bagi para pelamar ini dapat diketahui melalui Permen PANRB Nomor 20 Tahun 2022.

Di dalam isi peraturan tersebut, terdapat Pasal 22 ayat 1, dijelaskan mengenai teknis pelamaran PPPK di tahun 2022 ini.

“Pelamar yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 dan Pasal  8 dapat melakukan pelamaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 huruf c pada 1 (satu) jenis jalur kebutuhan PPPK,”

Sebelum membahas bagaimana caranya mengetahui data kita di dapodik, kita perlu tahu bahwa bagi guru yang sudah pernah mengajar baik di swasta maupun di negeri pasti kenal dengan data Dapodik yang merupakan kepanjangan data pokok pendidikan.

Di dapodik termuat banyak data termasuk data guru. Data inilah yang diambil sebagai bahan peserta PPPK tahun 202. Ada beberapa langkah untuk mengecek data kita yang sudah masuk di dapodik dan ini sebagai kunci agar kita bisa ikut PPPK tahun 2022. 

Pastikan Andasudah masuk di dapodik. Setelah berlangsungnya PPPK 2021 bisa jadi ada aturan yang lebih ketat di sekolah swasta untuk memasukkan guru baru ke dapodik. Sebab beberapa sekolah merasa dikecewakan telah memasukkan guru ke dapodik eh ujungnya pada ikut PPPPK dan ada yang lolos. Sehingga beberapa sekolah memberikan sanksi yang tidak mengenakan bagi guru.

Adapun cara untuk melihat status anda didapodik adalah dengan mengklik link ini https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ anda kemudian akan dibawa ke tampilan berikut 

Kemudian klik pencarian data GTK seperti  yang ditandai kotak merah pada gambar diatas, maka anda akan dibawa kehalaman berikut seperti dibawah ini, kemudian isikan data sesuai data pribadi anda.


kemudian klik cari gtk, maka informasi data dapodik yang sesuai akan ditampilkan.  dari beberapa nama yang muncul bisa anda lihat data yang mana milik anda seperti contoh berikut.

Demikianlah informasi Cara Cek Data kita Di Dapodik untuk persiapan Ikut PPPK 2022. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Cek Data kita Di Dapodik Agar Bisa Ikut PPPK 2022"