Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Trik Sukses Cpns | Cara Curi Start Belajar Tes CPNS 2021

Trik Sukses Cpns | Cara Curi Start Belajar Tes CPNS
Cara Curi Start Belajar Tes CPNS 2021
- Mengikuti tes CPNS tentunya menjadi harapan banyak kalangan masyarakat yang ingin bekerja di bidang pemerintahan. Baik itu di sektor kesehatan, pendidikan, pertanian, transportasi, keuangan, kementerian dan lain sebagainya. Minat masyarakat untuk mengikuti CPNS ini tentu bukan tanpa alasan, mengingat banyaknya keuntungan yang akan didapat.

Misalnya saja dari segi tunjangan gaji, pendapatan tetap, serta banyak benefit lain yang cenderung menguntungkan. Namun sayangnya banyak orang mengalami kegagalan saat mengikuti pendaftaran tes CPNS. Misalnya saja karena mereka kurang persiapan dan cenderung mempersiapkan diri saat sudah mendekati hari H.

Padahal untuk mengikuti CPNS tidak bisa dilakukan dalam waktu yang sangat singkat. Anda perlu mempersiapkan diri terkait pengetahuan, mental serta dokumen yang diperlukan. Lalu apa saja persiapan penting yang sekiranya harus anda lakukan jauh-jauh hari? Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda ketahui dan terapkan jika ingin lolos dalam tahap seleksi CPNS 2021.

Cara Curi Start Belajar Tes CPNS 2021 Jauh Sebelum Hari H

1. Persiapkan persyaratan lengkap

Agar bisa lolos di CPNS 2021, ada beberapa hal penting yang harus Anda persiapkan. Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu mempersiapkan persyaratan administrasi berupa ijazah, Kartu Keluarga dan akreditasi dari SMA atau Universitas.

Bagi Anda yang kemarin sudah pernah mengikuti tes CPNS tahun lalu sudah pernah mendaftar mungkin akan sedikit lega. Karena persyaratan ini pasti sudah pernah Anda siapkan, lain halnya bagi Anda yang baru akan mengikuti tes CPNS di tahun 2021 ini. 

Meski di tahun sebelumnya Anda sudah mendaftar pastikan untuk melakukan pengecekan kembali terkait kelengkapan berkasnya. Jangan sampai ada berkas yang tertinggal dan justru membuat anda gagal di seleksi kali ini. Begitupun bagi Anda yang baru pertama kali mendaftar pastikan untuk mengecek kembali kelengkapannya dengan teliti dan detail. 

2. Mulai belajar secara konsisten

Cara Curi Start Belajar Tes CPNS 2021 yaitu menjadwalkan belajar yang konsisten. Tapi ingatlah agar jangan terlalu memforsir diri yang justru membuat Anda capek dan merasa sudah bosan untuk belajar. Lebih baik belajarlah dengan santai minimal 3 hari dalam seminggu. Untuk belajar setiap belajar setiap harinya, cukup sisihkan waktu sekitar 15 sampai 30 menit saja. 

Anda bisa menyesuaikan jam dan lamanya waktu belajar dengan waktu luang yang Anda miliki. Hal ini jauh lebih baik daripada Anda terlalu semangat belajar terlalu keras di awal-awal. Cara ini cenderung tidak efektif dan justru membuat Anda hanya belajar dengan semangat dalam waktu sesaat saja.

3. Serius belajar

Tips selanjutnya adalah belajar sebentar tapi serius. Anda harus seimbang dalam belajar di setiap tes yang akan diujikan. Misalnya saja untuk Tes Intelegensi Umum, Tes Wawancara, Tes Kepribadian Dasar dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda menyampaikan salah satu dari tes tes tersebut karena dianggap sudah menguasai. Lebih baik melakukan latihan di setiap jenis tes dan materi yang ada secara seimbang.

Hanya belajar pada tes atau materi yang kurang dikuasai bisa jadi bumerang bagi anda ketika sudah hari H pelaksanaan seleksi. Bisa jadi anda hanya fokus pada materi yang tidak dikuasai sehingga terlalu menyepelekan materi yang gampang. Belajar dengan cara seperti ini bisa membuat anda kurang paham atau lupa dengan materi yang sebelumnya sudah anda kuasai. 

4. Ikuti tryout atau Kursus

Tidak ada salahnya Anda mengikuti tryout atau kursus bimbel yang memiliki pembahasan soal dan peringkat nilai. Kenapa harus mencari tryout yang memiliki pembahasan soal? Karena setelah mengikuti try out anda bisa tahu seberapa besar pengetahuan dan penguasaan Anda terhadap materi yang akan diujikan.
 
Kalaupun hasilnya kurang dari standart yang diinginkan Anda bisa belajar dengan lebih giat dan mempelajari materi yang kurang dikuasai. Begitu pun sebaliknya bila hasilnya baik, pelajari lagi hal hal yang sebelumnya belom anda tahu. Baca juga, 7 Tips Memilih Bimbel yang tepat Sebelum Ikut Tes CPNS dan PPPK

5. Menambah jam belajar

Seleksi CPNS di tahun 2001 diperkirakan akan diselenggarakan di bulan Maret sehingga masih ada jangka waktu yang cukup panjang untuk anda belajar. Sangat disarankan bagi anda untuk menambah jam belajar ketika sudah memasuki masa-masa yang mendekati hari H. Misalnya saja ketika masuk bulan Januari anda bisa menambah jam belajar dari yang 3 kali seminggu menjadi 4 atau 5 kali. 

6. Buatlah catatan sendiri

Buat catatan sendiri mengenai hal-hal yang sudah anda pelajari selama ini, utamanya harus diimbangi dengan praktek. Misalnya saja untuk soal yang berhubungan dengan matematika. Jangan hanya fokus pada teori atau materi bagaimana cara perhitungan dan rumusnya. Tapi sebaiknya mulai praktekan bagaimana cara perhitungan dengan cepat agar anda memiliki waktu banyak untuk mengoreksi. 

Cara Curi Start Belajar Tes CPNS 2021 tersebut dinilai cukup efektif dalam meningkatkan peluang Anda agar bisa lolos tes. Setelah mengikuti trik-trik di atas, jangan lupa untuk berusaha semaksimal mungkin dan diimbangi dengan berdoa. Setelah melakukan kedua hal tersebut, Anda tinggal menunggu hasilnya keluar. 

Post a Comment for "Trik Sukses Cpns | Cara Curi Start Belajar Tes CPNS 2021"