Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Tips Sukses CPNS Untuk Yang Baru Ikut Tes Pertama Kali

7 Tips Sukses CPNS Untuk Yang Baru Ikut Tes Pertama Kali
Tips Sukses CPNS Untuk Yang Baru Ikut Tes Pertama Kali
- Saat ini banyak sekali masyarakat yang berminat untuk mengikuti seleksi tes CPNS di berbagai formasi. Tak jarang banyak diantara mereka tidak satu atau dua kali saja ikut seleksi. Ada pula yang sudah gagal di tahun sebelumnya, ikut kembali di tahun ini dan akan kembali ikut di tahun selanjutnya bila gagal.

Mereka yang sudah pernah ikut seleksi CPNS sebelumnya tentu saja sudah cukup paham bagaimana persiapan yang harus dilakukan.

Tapi tidak demikian bagi Anda yang baru pertama kali mendaftar dan sama sekali belum pernah ikut seleksi CPNS. Bagi anda yang baru pertama kali akan mengikuti seleksi CPNS di tahun 2021, berikut ini beberapa tips agar bisa lolos.

Tips Sukses CPNS Untuk Yang Baru Ikut Tes Pertama Kali

1. Mengetahui Tahapan Seleksi

Mengetahui apa saja tahapan seleksi yang akan dilalui menjadi hal penting agar proses belajar lebih efektif. Sebaiknya kenali terlebih dahulu terkait tahapan-tahapan ujian, termasuk apa saja ujian atau tes yang akan anda ikuti nantinya. Jangan sampai anda kurang tahu mengenai informasi mengenai apa saja tahapan seleksi dan kapan waktu diselenggarakannya.

2. Mengenali Materi Ujian

Selanjutnya, Tips Sukses CPNS Untuk Yang Baru Ikut Tes Pertama Kali adalah dengan mengenali apa saja materi ujian dan test yang harus diikuti. Jangan sampai Anda tidak tahu apa saja materi yang akan diujikan, mana hal ini akan memperbesar peluang Anda mengalami kegagalan. Disarankan agar anda mengenali materi dan tipe ujian, yang pertama yakni seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil untuk Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. 

Sedangkan untuk tahap seleksi yang kedua adalah Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB. Sudah selayaknya jika Anda paham dan menguasai ke-2 materi dari seleksi yang akan diujikan. Anda bisa mencari tahu dengan bertanya pada mereka yang sudah pernah mengikuti seleksi sebelumnya atau mencari tahu melalui internet. 

3. Melengkapi Dokumen

Dokumen yang diperlukan untuk mendaftar yang kurang lengkap, pastinya menjadi hambatan saat mendaftar CPNS. Karena kesalahan ini, bukan hal mustahil bila nantinya bisa bisa anda akan didiskualifikasi dari pendaftaran. Ketahuilah bahwa kelengkapan dokumen menjadi hal yang wajib saat seleksi CPNS sehingga wajib dipenuhi ketika mengikuti tahapan untuk seleksi awal administrasi.

Anda bisa menyiapkan dokumen ini jauh-jauh hari bahkan sebelum seleksi CPNS dibuka. Berapa dokumen yang harus anda siapkan termasuk kartu keluarga, ijazah terakhir, surat Keterangan atau sertifikat khusus dan lain sebagainya. Pastikan anda memenuhi seluruh persyaratan untuk mendaftar CPNS sesuai formasi yang ingin anda daftarkan. 

Mempersiapkan jauh-jauh hari bisa memberi kesempatan bagi anda yang memiliki hambatan dalam dokumen yang kurang lengkap. Jadi anda bisa mempersiapkan terlebih dahulu dan memiliki waktu cukup panjang hingga persiapan dokumen selesai. 

4. Ikut program Bimbel

Belajar secara mandiri untuk menghadapi seleksi CPNS memang tidak salah dan bisa saja dilakukan. Tetapi belajar dengan mengikuti program khusus untuk seleksi CPNS dirasa sangat perlu dan bisa meningkatkan peluang keberhasilan Anda. Tapi pastikan anda memilih layanan kursus yang benar-benar memberikan jaminan terbaik ketika sudah mendaftar seleksi CPNS. 

5. Latihan Soal 

Tips selanjutnya adalah mengikuti Tes CPNS agar lebih paham bagaimana konsep dan model materi ujian yang disuguhkan. Jadi sangat disarankan Anda mulai mencoba latihan soal sebanyak mungkin jauh hari sebelum ikut seleksi tes. Dengan begini anda akan lebih lancar dalam menjawab soal yang diberikan, setidaknya Anda tidak akan merasa asing dengan soal-soal yang ada. 

6. Menjaga Kesehatan

Ketika mengikuti seleksi CPNS Kebanyakan orang terlalu fokus pada belajar dan terus belajar. Banyak di antara mereka justru menyepelekan kesehatan sehingga lupa waktu untuk makan dan melakukan aktivitas yang penting bagi tubuh. Misalnya saja mereka terlalu memforsir jam belajar sehingga tidak memiliki waktu untuk tidur cukup maupun makan teratur. 

Padahal cara ini sangat salah dan justru bisa membuat usaha anda sia-sia. Percuma bila anda sudah mempersiapkan pengetahuan dan ilmu sebaik mungkin tetapi anda jatuh sakit saat hari H. Atau mungkin juga anda mengalami kurang fokus karena kurang beristirahat pada masa menunggu tahap seleksi. 

7. Teliti saat Mengisi Formulir

Setelah dibukanya formasi seleksi CPNS, tidak ada salahnya Anda menunggu beberapa waktu dan tidak tergesa-gesa untuk segera mendaftar. Lihatlah berapa banyak orang yang sudah mengisi formulir dan mendaftar di formasi yang sama dengan anda. Jika anda tetap yakin untuk mendaftar di formasi tersebut, pastikan untuk teliti ketika mengisi formulir pendaftaran. Jangan sampai salah isi yang akibat anda di diskualifikasi

Itulah tadi beberapa Tips Sukses CPNS Untuk Yang Baru Ikut Tes Pertama Kali agar bisa lolos dan berhasil. Setelah semuanya Anda persiapkan dengan baik dan matang-matang kini Anda dan optimis menunggu hasil. Siapkan pula diri anda untuk mengikuti proses ujian di tahap seleksi selanjutnya. 

Post a Comment for "7 Tips Sukses CPNS Untuk Yang Baru Ikut Tes Pertama Kali"