Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Persiapan Lanjutan yang Harus Anda Lakukan Setelah Lolos Seleksi Administrasi CPNS

5 Persiapan Lanjutan yang Harus Anda Lakukan Setelah Lolos Seleksi  Administrasi CPNS
Menjadi seorang PNS merupakan dambaan bagi setiap orang. Karena hingga saat ini PNS masih menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak diincar di Indonesia. Untuk menjadi seorang PNS juga tidaklah mudah. Ada banyak sekali lawan yang harus Anda kalahkan pada saat ujian. Jika Anda tidak memiliki usaha yang cukup keras, maka Anda tidak akan sanggup untuk mengalahkan lawan-lawan Anda.

Lawan yang harus Anda hadapi pada saat ujian sangatlah banyak. Bahkan, kemungkinan Anda untuk bisa lolos sangatlah kecil jika Anda tidak memiliki persiapan khusus yang dilakukan saat akan menghadapi ujian.

Maka dari itu Anda harus senantiasa untuk mematangkan diri dengan melakukan berbagai macam persiapan yang akan dilkukan menjelang ujian. Sebelum menghadapi ujian CPNS, ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan terlebih dahulu.

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih instansi yang yang Anda minati. Setelah itu, Anda harus melakukan seleksi administrasi CPNS. Setelah itu jika Anda lolos seleksi administrasi, barulah Anda melaju pada tahap selanjutnya, yaitu menghadapi ujian CPNS yang sebenarnya.

5 Persiapan Lanjutan yang Harus Anda Lakukan Setelah Lolos Seleksi Administrasi CPNS

Apabila Anda dinyatakan lolos seleksi administrasi, maka ada beberapa persiapan lanjutan yang harus Anda lakukan sebelum akhirnya Anda melaju pada tahap ujian. Dan berikut adalah beberapa persiapan lanjutan yang harus Anda lakukan.

1. Mencetak Kartu Ujian Melalui Laman Resmi SSCN

Ketika Anda sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi, persiapan lanjutan pertama yang harus dilakukan yaitu mencetak kartu ujian melalui laman resmi SSCN. Kartu ujian tersebut nantinya akan Anda gunakan saat mengikuti tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar).

Namun sebelum mencetak kartu ujian, Anda harus mengecek terlebih dahulu jadwal cetak kartu ujian yang sudah ditetapkan oleh masing-masing instansi. Karena biasanya jadwal cetak kartu ujian setiap instansi itu berbeda-beda.

2. Mengecek Apakah Instansi yang Anda Lamar Mewajibkan Verifikasi Dokumen Secara Langsung atau Tidak

Untuk persiapan lanjutan yang kedua, Anda juga harus memastikan apakah instansi yang Anda lamar mewajibkan verifikasi dokumen secara langsung atau tidak. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar nantinya Anda bisa terdaftar di instansi yang Anda lamar pada saat mengikuti ujian.

Contohnya saja seperti instansi Kemenkumham yang sangat mewajibkan verifikasi dokumen asli dan juga pengukuran tinggi badan bagi para pendaftar yang memiliki kualifikasi penddikan SLTA.

Untuk mengetahui apakah Instansi yang Anda lamar mewajibkan verifikasi dokumen secara langsung atau tidak, Anda dapat mengecek informasinya pada website dan sosial media instansi yang Anda lamar.

3. Persiapkan Dokumen Penting yang Akan Dibawa Pada Saat Ujian

Pada saat ujian, biasanya ada beberapa dokumen penting yang harus dibawa. Anda harus memastikan dengan teliti apakah dokumen penting tersebut sudah lengkap atau belum. Jika dokumen penting tersebut belum lengkap, maka Anda harus mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari sebelum mengikuti ujian.

4. Berlatihlah Mengerjakan Latihan Soal Tes SKD

Selain belajar dengan menggunakan buku-buku yang dijual di pasaran, Anda juga harus rajin berlatih mengerjakan latihan soal tes SKD yang tersedia di internet. Hal ini dilakukan agar nantinya Anda bisa semakin tau tentang jenis soal yang akan diujikan.

5. Siapkan Seragam yang Nantinya Akan Digunakan Pada Saat Ujian

Untuk persiapan lanjutan yang terakhir, Anda harus menyiapkan seragam yang nantinya akan digunakan pada saat ujian. Para peserta ujian diharuskan memakai baju yang telah ditetapkan oleh BKN, yaitu memakai atasan putih dan bawahan hitam tanpa motif apapun.

Siapkan juga sepatu formal yang juga berwarna hitam. Bagi wanita yang menggunakan hijab, sangat dianjurkan juga untuk memakai hijan warna hitam polos. Ini merupakan ketentuan yang telah ditetapkan oleh BKN perihal seragam yang harus digunakan pada saat mengikuti ujian CPNS.

Itulah beberapa persiapan lanjutan yang harus Anda lakukan setelah lolos seleksi administrasi CPNS. Semoga Bermanfaat!

Post a Comment for "5 Persiapan Lanjutan yang Harus Anda Lakukan Setelah Lolos Seleksi Administrasi CPNS"