Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Sikap yang Harus Dimiliki Saat Akan Mendaftar CPNS

4 Sikap yang Harus Dimiliki Saat Akan Mendaftar CPNS
Siapa sih yang tidak ingin menjadi seorang PNS? Semua orang tentunya sangat menginginkan pekerjaan tersebut. Namun untuk bisa menjadi seorang PNS tidaklah mudah. Ada banyak sekali usaha yang harus dilakukan. Karena sebelum menjadi seorang PNS, seseorang harus melakukan tes terlebih dahulu, tes tersebut dinamakan tes CPNS.

Tes CPNS bukanlah tes sembarangan. Karena ada banyak sekali orang-orang yang akan mengikuti tes tersebut. Maka dari itu peluang untuk bisa lolos sangatlah kecil sekali jika Anda tidak memiliki persiapan khusus saat akan mengikutinya. Untuk itu jika Anda ingin lolos tes CPNS, Anda harus mempersiapkan diri dengan matang.

Selain persiapan khusus, Anda juga harus memiliki beberapa sikap saat akan mendaftar CPNS. Hal ini dilakukan agar nantinya ketika Anda sudah menjadi seorang PNS Anda sudah bisa mengemban tugas dengan sebaik mungkin. Dan berikut adalah beberapa sikap yang harus dimiliki saat akan mendaftar CPNS.


1. Sikap Legawa dan Mau Menerima

Sikap pertama yang harus dimiliki yaitu sikap legawa dan mau menerima. Mengapa sikap tersebut harus dimiliki? Karena bagi Anda yang lolos seleksi tes CPNS putaran kedua, harus rela untuk ditempatkan di seluruh daerah yang ada di Indonesia. Mulai dari pemerintahan yang ada di kota maupun pemerintahan yang ada di daerah-daerah-daerah terpencil.

Perbedaan dalam penempatan tempat kerja tersebut tentunya menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi. Dengan adanya sikap legawa dan mau menerima dengan lapang dada, tentunya perbedaan dalam penempatan tempat kerja tidak akan mempengaruhi.

2. Sikap Kritis dan Mau Berpendapat

Menjadi seorang PNS itu artinya Anda harus dapat memahami bagaimana bersikap sebagai atasan dan juga bawahan. Hierarki jabatan memang ada pada setiap perusahaan. Namun di tempat Anda mengabdi, hierarkinya akan terlihat lebih nyata dan nggak akan pernah bisa ditawar. Meskipun begitu, Anda harus tetap dapat bersikap kritis dengan segala hal yang terjadi.

Sikap kritis dan mau berpendapat inilah yang nantinya bisa membantu Anda dalam menegakkan palayanan kepada masyarakat. Jadi jika nantinya ada suatu masalah yang terjadi, Anda harus mau memberikan pendapat dan juga kritikan terhadap masalah yang terjadi, baik itu kepada atasan maupun kepada bawahan.


3. Sikap Rendah Hati

Meskipun sudah menjadi seorang PNS, Anda tetap harus rendah hati kepada siapapun. Jangan sampai pekerjaan yang sudah Anda dapatkan saat ini malah membuat Anda jadi sombong. Semua orang tentunya akan sangat bangga dengan keberhasilan Anda menjadi seorang PNS, termasuk orangtua maupun calon idaman Anda.

Oleh karenanya, tetaplah bersikap rendah hati dalam mengayomi masyarakat. Karena jika Anda sombong dan tidak mau rendah hati, nantinya Anda akan menjadi bahan omongan karena sikap Anda yang tidak bisa dijaga. Sebagai seorang PNS harusnya Anda bisa menjadi contoh yang baik untuk masyarakat dan bukan malah sebaliknya.

4. Sikap Kejujuran

Dalam hal apapun, kejujuran tetaplah diutamakan. Saat sudah menjadi seorang PNS, Anda harus tetap menjunjung tinggi nilai kejujuran. Karena dengan kejujuranlah pekerjaan Anda bisa berjalan dengan lancar. Hasil yang Anda dapatkan juga bisa menjadi berkah. Apa yang Anda dapatkan dengan menjadi seorang PNS juga jauh lebih nyaman dan minim dari dosa.

Itulah beberapa sikap yang harus dimiliki saat mendaftar CPNS. Dengan menerapkan beberapa sikap yang telah dijelaskan di atas, mudah-mudahan ketika nantinya Anda sudah menjadi seorang PNS, Anda sudah bisa mengemban tugas dengan sebaik mungkin.

Post a Comment for "4 Sikap yang Harus Dimiliki Saat Akan Mendaftar CPNS"